Rabu, 07 Maret 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN




MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai  Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.
Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelamin nya.secara alamiah, jenis kelamin seoarang anak yang baru lahir entah laki-laki maupun perempuan.anak muda laki-laki di kenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan di miliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan di wariskan dari generasi ke generasi
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit termaksuk sistem agama dan politik,adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggap nya di wariskan secara genesis.ketika seseorang berusa berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyusuaikan perbedaannya, membentuktikan bahwa budaya itu di pelajari.



Manusia dan kebudayaan memiliki satu keterkaitan sama lain. Dimana kebudayaan itu lahir dari adat istiadat dan peradapan secara turun menurun yang terlahir dari nenek moyang dan kebudayaan tercipta dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat di sesuatu daerah tertentu. Kebudayaan daerah yang satu dan lain nya berbeda-beda menurut letak geografis nya biasanya kebudayaan bersifat religius.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar