Minggu, 20 April 2014

Resensi


 
Judul  Buku  : Hadiah Terindah
Pengarang  : Kim Donghwa
Penerjemah : Prasasti Budiyanto
Penerbit       : Gramedia
Tahun Terbit : Februari 2010
Kota             : Jakarta
Ukuran         : 23 x 15 cm
Jumlah         : 172+ix halaman
Jenis            : Non fiksi untuk anak-anak
          

          

 

             Chicken Soup for the Soul merupakan kumpulan cerita yang menyisipkan pesan secara tersurat di dalamnya, dan berbagi cerita mengenai sebuah arti kehidupan. Untuk edisi Hadiah Terindah adalah kumpulan kisah-kisah nyata yang menyentuh hati untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Buku ini menitipkan pesan moral mengenai arti sebuah pemberian. Ketika kita memberi bukan besar atau kecil yang kita beri, bukan materil atau non materiil yang telah kita bagi, melainkan seberapa tulus yang kita berikan bagi mereka yang membutuhkan. Pemberian terindah adalah memberikan sesuatu dari hati dengan ikhlas.
            Kisah-kisah yang menggugah hati ini disuguhkan dalam bentuk grafik novel, sehingga pesan yang akan di sampaikan oleh penulis dapat di tangkap oleh pembaca. Seperti pada judul Sirkus, orang miskin yang telah mengumpulkan uang untuk mengajak anaknya menonton sirkus, akhirnya memberikan uang tersebut kepada seseorang yang lebih membutuhkan. Dikarenakan ketika ia mengantri, ia melihat seorang Ayah yang mengajak ke enam anaknya untuk menonton pertunjukan sirkus. Akan tetapi ketika ia membeli karcis, uang pria tersebut kurang. Namun ia tak ingin mengecewakan anak-anaknya. Melihat kegelisahan seorang Ayah, pria miskin ini kemudian berpura-pura mengatakan bahwa uang pria ini terjatuh, dan kemudian memberikan uangnya kepada pria tersebut.

Kelebihan:
Buku ini tidak hanya menceritakan kisah yang menarik untuk di konsumsi oleh anak-anak, melainkan sangat menitipkan pesan moral untuk anak-anak di setiap judulnya . Meskipun buku ini di dedikasikan untuk anak-anak, tetapi buku ini layak juga untuk di konsumsi oleh orang dewasa. Penggunaan kata-kata yang dapat menambah wawasan kita. Selain itu di kemas dalam cover yang menarik, serta isi buku yang bergambar dan berwarna dalam kualitas kertas yang bagus. Hal tersebut menjadi salah satu alasan bertambahnya minat baca anak.
Kekurangan:
            Gaya bahasa yang terlalu berat untuk di konsumsi oleh anak-anak

            Buku ini sangat bagus untuk di baca oleh anak-anak, menanamkan pola pikir anak agar selalu belajar memberi kepada siapa saja sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar